The 22nd IFRA Business Expo 2024 yang digelar secara online telah selesai dilaksanakan.

Jakarta, 20 September 2024 - The 22nd IFRA Business Expo 2024 yang digelar secara online telah selesai dilaksanakan. Hal ini juga sekaligus menjadi penutup seluruh rangkaian IFRA Business Expo 2024, yang sebelumnya telah dilaksanakan secara offline pada 16-18 Agustus 2024 di Jakarta Convention Center. Selama tiga hari pelaksanaan tersebut, suasana pameran dipenuhi oleh antusiasme para pelaku usaha yang ingin menggali peluang bisnis baru. IFRA 2024 yang dilaksanakan secara online mulai dari 16 Agustus - 16 September 2024 di situs www.ifra-indonesia.com juga berhasil menjangkau lebih banyak audiens dan memperpanjang jangkauan bisnis para peserta.

Keberhasilan IFRA Business Expo 2024 dalam menarik lebih dari 225 perusahaan dan 325 merek semakin mendukung peran industri waralaba dalam berkontribusi terhadap perekonomian nasional. Acara ini tidak hanya sekadar pameran, melainkan juga menjadi platform kolaborasi yang dinamis hingga kesempatan bisnis yang terbuka lebar. Pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan ratusan merek dari berbagai industri, mulai dari food and beverages, kesehatan, pendidikan, hingga pelatihan, untuk menggali potensi bisnis yang menjanjikan.

Tidak hanya selama penyelenggaraan offline, kemudahan akses informasi melalui rangkaian IFRA Business Expo 2024 secara online juga memungkinkan pengunjung untuk menjangkau para exhibitor kapan saja dan di mana saja. Melalui platform online, pengunjung dapat mengakses informasi lengkap tentang berbagai franchise, mulai dari profil perusahaan, biaya investasi, hingga perkiraan waktu pengembalian modal. Tidak hanya itu,  pengunjung juga dapat langsung terhubung dengan pihak franchise untuk berkonsultasi lebih lanjut.

Pameran yang diselenggarakan oleh Dyandra Promosindo bersama dengan Asosiasi Franchise (AFI) ini tidak hanya menjadi ajang pertemuan para pelaku bisnis, tetapi juga menjadi panggung bagi inovasi dan tren terbaru dalam industri waralaba. IFRA Business Expo 2024 memiliki daya tarik utama dalam memberikan pengunjung kesempatan untuk menjalin kolaborasi dan memperluas jaringan bisnis. Melalui daya tarik tersebut, acara ini berhasil menarik banyak pengunjung yang hadir baik secara online dan offline. Selama penyelenggaraannya seluruh pengunjung dapat menikmati berbagai rangkaian program menarik sejak pameran dibuka secara resmi oleh Moga Simatupang selaku Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan yang mewakili Menteri Perdagangan Republik Indonesia, Zulkifli Hasan, pada 16 Agustus 2024 yang lalu.

 

Pada tahun ini, IFRA Business Expo 2024 menghadirkan lebih dari 70 business program, di antaranya deretan program menarik seperti Opening Ceremony, The 8th IFBCC (IFRApreneur Business Concept Competition), Business Presentation, Celebpreneur Talk Show, Business Classroom, Retirees Seminar, Business Talk Show, Business Matching, Interactive Quiz & Lucky Draw, Meet The Experts, IFRA Awards &  Gathering, IFRA Expo, Business Mascot Competition, IFRA Business Podcast, IFRA Content Clash, IFRA Poster Competition dan IFRA Women’s Talk. Semua program yang dihadirkan guna menjangkau berbagai elemen masyarakat baik yang hadir maupun para pelaku bisnis waralaba yang mencari peluang bisnis baru maupun untuk memperluas koneksi.

 

Rangkaian program yang memeriahkan IFRA Business Expo 2024 juga diikuti para pelaku bisnis dari berbagai merek terkemuka dengan memamerkan dan mempresentasikan konsep bisnis miliknya yang unik dan kreatif. Sejumlah selebriti ternama seperti Chelsea Islan, Deny Sumargo, dan Alphian juga hadir untuk berbagi pengalaman mereka sebagai pengusaha dan menginspirasi para pengunjung untuk mengembangkan bisnis mereka.

 

“Sebagai pemula dalam dunia bisnis, saya mendapatkan banyak pengetahuan yang sangat berharga. Kesempatan untuk bertemu langsung dengan para pelaku bisnis waralaba ternama juga sangat membantu dalam melihat  potensi bisnis waralaba di Indonesia. Banyak sekali ide-ide bisnis baru yang menarik dan informatif,” ucap Hidayah salah satu pengunjung IFRA Business Expo 2024.

Anang Sukandar selaku Ketua Asosiasi Franchise Indonesia (AFI) menyampaikan rasa syukurnya atas capaian pada penyelenggaraan tahun ini, menurutnya hal ini menunjukkan antusiasme yang tinggi dari masyarakat terhadap peluang bisnis di sektor waralaba. Dengan begitu ia pun berharap bahwa penyelenggaraan tahunan ini tidak hanya menjadi ajang pameran semata, tetapi juga memberikan kontribusi positif di Indonesia melalui peningkatan investasi, penciptaan lapangan kerja baru, serta pengembangan UMKM.

“Keberhasilan IFRA Business Expo 2024 tidak hanya memberikan dampak positif bagi para pelaku bisnis, tetapi juga berkontribusi pada peningkatan ekonomi nasional. Kami berkomitmen untuk terus mengembangkan IFRA menjadi pameran yang tidak hanya mendorong peningkatan bisnis, tetapi juga memberikan dampak sosial yang positif demi pemberdayaan UMKM, pengembangan sumber daya manusia, dan promosi produk-produk lokal,” ucap Anang Sukandar.

Kesuksesan IFRA Business Expo juga tidak lepas dari dukungan para sponsor, salah satunya Pertamina Patra Niaga selaku Platinum Sponsor yang turut berperan serta dengan membuka booth selama acara berlangsung. Dalam kesempatan ini, Pertamina Patra Niaga membuka peluang bagi para prengunjung agar dapat menggali informasi untuk membuka usahanya di SPBU dan berkolaborasi menjadi Mitra bisnis Pertamina Patra Niaga. Di acara pameran ini Pertamina Patra Niaga memperkenalkan bagaimana SPBU tidak hanya sebagai tempat pengisian BBM, namun sebagai ekosistem bisnis dimana banyak hal dan fasilitas yang bisa didapatkan oleh mitra bisnis. Selain itu SPBU juga menjadi lokasi strategis yang sangat menguntungkan untuk para pelaku usaha yang ingin membuka usahanya di SPBU. Melalui kesempatan ini, Pertamina Patra Niaga menawarkan berbagai peluang bisnis untuk para pengunjung dan juga seluruh pengusaha di Indonesia.

 

Capaian IFRA Business Expo 2024 juga tentunya tidak lepas dari kolaborasi positif antara berbagai pihak dalam mendukung pameran. Keberhasilan ini semakin menegaskan pentingnya industri waralaba dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional dan masih adanya potensi ekonomi yang dapat digali dari bisnis waralaba.

Mega Khoriani, Project Manager IFRA Business Expo 2024, menyampaikan apresiasinya atas dukungan semua pihak yang telah berkontribusi pada suksesnya acara ini, “Kami sangat bersyukur atas keberhasilan IFRA Business Expo 2024. Keberhasilan ini tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, termasuk pemerintah dan asosiasi terkait. Ke depan, kami akan terus berupaya untuk menghadirkan IFRA yang lebih inklusif dan inovatif, sehingga dapat berkontribusi secara signifikan dalam memperkuat nilai ekonomi nasional.”

Sejalan dengan pencapaian tahun ini, IFRA Business Expo berkomitmen untuk terus menjadi wadah bagi para pelaku bisnis dalam mengembangkan usahanya. Sebagai bentuk komitmen tersebut, pameran IFRA Business Expo akan kembali diselenggarakan tahun depan pada 29 - 31 Agustus 2025 dengan membawa inovasi dan peluang bisnis yang lebih menarik bagi para pelaku bisnis di Indonesia.

 

Untuk informasi lebih lanjut mengenai IFRA Business Expo dan cara pendaftaran, kunjungi situs resmi IFRA Indonesia di www.ifra-indonesia.com dan ikuti akun Instagram @ifra_expo.

 

***