Antusiasme pengunjung terus meningkat pada hari kedua Halal Indonesia International Industry Expo 2024 yang diselenggarakan oleh Dyandra Promosindo di ICE BSD City, Tangerang.

Halal Indo 2024: Mendorong Pertumbuhan Industri Halal dan Inovasi Produk Halal Indonesia


Tangerang, 27 September 2024 – Antusiasme pengunjung terus meningkat pada hari kedua Halal Indonesia International Industry Expo 2024 yang diselenggarakan oleh Dyandra Promosindo di ICE BSD City, Tangerang. Pameran yang mengedepankan industri halal ini berhasil menarik perhatian luas dari berbagai kalangan, mulai dari pelaku bisnis, pemangku kepentingan industri, hingga masyarakat umum. Ajang ini menjadi sarana penting dalam memperkenalkan ragam produk halal berkualitas tinggi kepada masyarakat, sekaligus mendorong pertumbuhan industri halal di Indonesia.


Hall 9 dan 10 ICE BSD City menampilkan berbagai produk dan layanan halal yang mencakup sektor makanan dan minuman, fesyen muslim, kosmetik, hingga produk rumah tangga, semua tersedia dalam satu lokasi yang mudah diakses pengunjung. Suasana pameran semakin hidup dengan berbagai aktivitas menarik seperti talk show edukatif dan pertunjukan musik yang menghibur.


Hari kedua pameran juga dihadiri Menteri Perindustrian, Agus Gumiwang Kartasasmita, yang secara langsung meninjau berbagai inovasi produk halal yang dipamerkan. “Ekonomi syariah dan industri halal telah dipandang sebagai sumber mesin pertumbuhan ekonomi baru. Pada Triwulan II tahun 2024, pertumbuhan ekonomi nasional mencapai 5,05%, dengan kontribusi terbesar berasal dari sektor industri pengolahan sebesar 0,79%. Kontribusi industri pengolahan pada ekonomi nasional tersebut, tidak lepas dari peran industri unggulan halal, khususnya industri makanan minuman serta industri tekstil dan produk tekstil.“ terangnya.


Keberadaan Indonesia Halal Industry Awards turut memperkaya acara, memberikan apresiasi kepada para pelaku industri yang telah berkontribusi aktif dalam perkembangan industri halal di tanah air. Ajang penghargaan ini memperkuat komitmen Indonesia untuk menjadi pusat produk halal di dunia.


Tak hanya itu, penampilan spesial dari Yovie & Nuno turut memeriahkan acara, dengan membawakan lagu-lagu populer seperti "Dia Milikku" dan "Menjaga Hati", semakin menarik perhatian pengunjung. Halal Indo 2024 menjadi bukti nyata bahwa Indonesia tidak hanya menjadi pasar potensial, tetapi juga pelopor inovasi dalam industri halal yang semakin diakui di tingkat global.

Salah satu program yang paling dinantikan adalah talkshow bersama Ustadz Dr. Khalid Basalamah. Dalam sesi bertajuk “Halal Business Ethics: Aligning Commerce with Islamic Values”, Ustadz Khalid Basalamah membahas secara mendalam tentang etika bisnis halal yang selaras dengan nilai-nilai Islam. Ustadz Khalid menekankan pentingnya bekerja secara halal, modal usaha yang halal dan menggunakan produk halal. Pesan-pesan inspiratif yang disampaikan diharapkan dapat menjadi panduan bagi para pelaku usaha dalam menjalankan bisnis dengan amanah.

Acara dilanjutkan dengan talkshow Industrial Festival by Kementerian Perindustrian, bersama Ricky Harun, seorang publik figur sekaligus pengusaha, dalam sesi “Why Halal Matters?”. Sebagai seorang publik figur yang peduli dengan isu halal, Ricky Harun berbagi pengalaman dan pandangannya mengenai pentingnya sertifikasi halal bagi produk dan bisnis. Koneksi antara produk halal dan prinsip-prinsip keberlanjutan, seperti etika produksi dan dampak lingkungan, semakin kuat dan menjadi sorotan utama. Hal ini menunjukkan potensi besar industri halal untuk memenuhi kebutuhan konsumen modern yang semakin sadar akan lingkungan. Khususnya di kalangan generasi muda, terdapat minat yang semakin tinggi terhadap produk yang tidak hanya halal, tetapi juga ramah lingkungan. Hal ini membuka peluang bagi pelaku industri untuk mengembangkan produk halal yang inovatif dan memenuhi kebutuhan konsumen modern.  Sesi ini memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang pentingnya sertifikasi halal bagi konsumen dan produsen.

Dengan penyelenggaraan Halal Indo 2024, diharapkan dapat semakin mendorong pertumbuhan industri halal di Indonesia dan memperkuat posisi Indonesia sebagai pusat industri halal dunia.

Selama pameran berlangsung, pengunjung juga dapat menikmati berbagai promo menarik dari para peserta pameran. Diskon khusus serta penawaran eksklusif lainnya menjadi daya tarik bagi pengunjung yang ingin berbelanja produk halal berkualitas. Para exhibitor juga menawarkan tester gratis dan promosi menarik untuk berbagai produk, mulai dari makanan, kosmetik, hingga pakaian muslim.


“Tingginya antusiasme pengunjung sejak hari pertama pameran menunjukkan berkembangnya industri halal. Para pelaku bisnis memiliki kesempatan emas untuk menghadirkan inovasi yang tidak hanya sesuai nilai-nilai halal, tetapi juga menarik minat konsumen yang semakin cerdas.” ujar Rizki Pahrudi, Project Manager Halal Indo 2024.

Rubianah, pengunjung Halal Indo 2024, mengungkapkan kegembiraannya menghadiri pameran ini. “Di pameran ini saya bisa menemukan banyak produk halal yang berkualitas dan aman untuk keluarga. Saya jadi lebih yakin untuk memilih produk-produk halal yang berkualitas. Selain itu, melalui acara ini saya semakin tahu aneka produk halal di sektor industri dan acara talkshow-nya juga sangat informatif."


Hari ketiga (28/09), Halal Indo 2024 akan semakin menarik dengan kehadiran para narasumber inspiratif. Jangan lewatkan kesempatan untuk memperdalam wawasan Anda mengenai industri halal bersama Nasihat Ayah, Dian Widayanti, dan Deryansha. Selain itu, nikmati juga penampilan spesial dari Feby Putri. Yuk, hadir dan eksplorasi lebih jauh potensi besar industri halal!

Pameran Halal Indonesia International Industry Expo 2024 berlangsung hingga 29 September 2024, mulai pukul 10.00 WIB hingga 20.00 WIB. Untuk memasuki area pameran, pengunjung tidak dikenakan biaya atau gratis dan cukup melakukan registrasi secara online. Untuk informasi lebih lengkap mengenai acara ini dapat mengunjungi Instagram @halalindoexpo, @industrialfestival dan @dyandrapromosindo atau kunjungi https://halalindoexpo.com/ .