The 22nd Indonesia International Motor Show, Gaikindo Semakin Mantapkan Persiapan IIMS 2014

The 22nd Indonesia International Motor Show, Gaikindo Semakin Mantapkan Persiapan IIMS 2014

Jakarta, 7 Mei 2014 – Menuju penyelenggaraan The 22nd Indonesia International Motor Show 2014 yang akan berlangsung di JIExpo Kemayoran pada tanggal 18–28 September mendatang, Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) kian memantapkan persiapan pameran otomotif terbesar di tanah air ini. Bekerjasama dengan Dyandra Promosindo selaku penyelenggara pameran, berbagai perencanaan dan pembenahan dilakukan panitia untuk menyempurnakan kualitas IIMS dari berbagai sisi.

Sudirman MR, Ketua Umum Gaikindo mengatakan bahwa tren pertumbuhan penjualan kendaraan tahun 2014 akan positif. Salah satu indikator perkembangan industri ini bisa dilihat dari penyelenggaraan IIMS yang telah memasuki tahun ke-22. IIMS semakin mempertegas posisi Indonesia sebagai salah satu negara produsen otomotif di Asia. “Kami juga berharap meningkatnya aktivitas perekonomian masyarakat di seluruh pelosok tanah air berdampak terhadap perkembangan positif pada industri kendaraan bermotor,” tambah Sudirman.

Seperti penyelenggaraan sebelumnya, seluruh APM menyatakan kesiapannya dalam menunjukkan teknologi, produk, dan inovasi terbarunya ke dalam penyelenggaraan IIMS 2014. Sebanyak 35 merk anggota Gaikindo yang terdiri atas 28 passanger cars dan 7 commercial vehicles akan kembali berpartisipasi dalam IIMS 2014 yang akan menempati seluruh area hall, meliputi area Hall A, B, C, dan D, serta seluruh area outdoor JIExpo – Kemayoran. Total pengunaan lahan tahun ini sebesar 83.137 m2 atau meningkat 10% dari total luas lahan tahun lalu 75.101 m2.

IIMS 2014 akan kembali diikuti oleh 35 brand APM yang terdiri dari 28 passengers cars yang berpartisipasi diantaranya Audi, BMW, Chevrolet, Chrysler, Daihatsu, Datsun, Dodge, FIAT, Ford, Honda, Hyundai, Infiniti, Jaguar, Jeep, KIA, Land Rover, Mazda, Mercedes-Benz, MINI, Mitsubishi Motors, Nissan, Renault, Smart, Subaru, Suzuki, Tata Motors, Toyota, dan VW. Sementara untuk commercial cars akan hadir 7 brand antara lain FAW, Hino, Isuzu, Mitsubishi FUSO, Tata Motors, Toyota Dyna, UD Trucks.

Kembangkan Fasilitas Demi Kenyamanan Pengunjung


Tidak hanya akan memberikan ruang untuk berbagai inovasi dari para APM, panitia juga berusaha untuk memberikan yang terbaik kepada semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan pameran IIMS. Salah satu hal yang terus ditingkatkan dari tahun ke tahun adalah fasilitas yang diberikan kepada pengunjung. Nantinya pameran ini akan didukung oleh berbagai fasilitas penunjang seperti ruang medis dan ambulans, business center, ATM dan Bank, serta fasilitas area menunggu taksi.

Untuk keperluan ibadah panitia menyiapkan ruangan di lantai 4 GPN untuk sholat Jumat. Selain itu terdapat pula musholla di lantai 2 Hall D dan di Hall C. Selain itu, pihak panitia telah menyiapkan beberapa fasilitas seperti Kids Area dan Nursery Room serta stroller dan kursi roda yang disiapkan khusus untuk pengunjung yang hadir bersama anak-anak dan orang tua meraka. Fasilitas lainya adalah charging corner di beberapa titik pameran. Fasilitas lainnya adalah foodcourt khusus yang terletak di Hall E yang menyediakan aneka hidangan dan juga coffee shops yang tersebar di area selasar pameran.

Untuk mempermudah pengunjung menuju ke area pameran, panitia kembali menyiapkan 8 titik layanan free shuttle bus dengan pick up area di beberapa lokasi di Jakarta yaitu di Central Park, Mall Artha Gading, Margo City, Plaza Senayan, Pondok Indah Mall, dan Tamini Square. Guna mengantisipasi ledakan pengunjung, pihak panitia menyiapkan lahan parkir alternatif berupa kantung parkir yang berada di Mega Glodok Pameran dan Mangga Dua Square.

Bagi pengunjung yang berasal dari Bandung pihak panitia kembali menjalin kerjasama dengan layanan travel antar kota, Day Trans, Beberapa titik pick up dari Bandung menuju area pameran IIMS adalah di Cihampelas, Dipatiukur dan Pasteur. Di tahun ini, panitia juga kembali bekerjasama dengan JNE menyediakan layanan logistik bagi pengunjung yang membutuhkan jasa pengiriman barang yang dibeli pada saat IIMS.

“Memasuki gelaran IIMS tahun ini, kami sebagai pihak panitia berkomitmen untuk meningkatkan fasilitas yang ada sehingga memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi para pengunjung. Semoga pameran ini bisa menjadi sarana edukasi khususnya di bidang otomotif serta menjadi ajang hiburan bagi masyarakat Indonesia dengan berbagai program acara yang akan kami suguhkan dan tempat berkumpulnya para pakar otomotif Tanah Air,” tutur Johnny Darmawan, Ketua Penyelenggara IIMS 2014.

Rangkaian Program Siap Hibur Pengunjung


Untuk memeriahkan pameran IIMS, serangkaian program unggulan kembali digelar untuk menghibur pengunjung dari dalam dan luar negeri. Mulai dari acara indoor dan outdoor tengah dipersiapkan oleh para penyelenggara, seperti Opening Ceremony, Press Writing Competition, Miss Motor Show 2014, The 7th Indonesia International Automotive Conference, Favorite Car Competition by visitors, Favorite Stand Competition by visitors, Closing Ceremony, Kids Area, Hot Wheels Competition, Test Drive, IIMS Drift War, Stunt Show, Gymkana Race dan Palm Challenge/Touch the Car.

Selain itu, sebagai bentuk kepedulian kami terhadap masyarakat, berbagai kegiatan CSR juga akan hadir di IIMS seperti Students Day, Tour for Disabled People, Donor darah bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia, kunjungan anak yatim, dukungan terhadap Universitas, dukungan terhadap organisasi non-profit (WWF, UNICEF, Yayasan jantung Indonesia), dukungan terhadap Usaha Kecil Menengah, Students Tour to APM Assembling Plant, Machine donation from Car Brands to SMK, Sumbangan buku, sumbangan kursi roda dan kursi dorong bayi ke yayasan dan lain-lain.

Lomba Penulisan Wartawan Sebagai Bentuk Apresiasi Terhadap Media
Salah satu program unggulan yang rutin digelar di IIMS adalah lomba penulisan untuk wartawan, yang merupakan bentuk apresiasi terhadap media yang secara konsisten mendukung pelaksanaan IIMS melalui pemberitaan di media massa. Pada tahun ini, panitia kembali menggelar lomba penulisan wartawan dengan tema “Smart & Safe Mobility”.

Melalui tema ini, Gaikindo ingin menunjukan kepada masyarakat luas tentang cara cerdas bertransportasi mempergunakan teknologi dan sistem yang terintegrasi yang saling berhubungan dengan infrastruktur kendaraan. Penggunaan teknologi kendaraan bermotor terkini yang didukung oleh kesadaran pengendara akan menciptakan mobilitas yang lebih aman, dan efisien atau lebih dikenal dengan istilah Eco-driving. Pada akhirnya akan mewujudkan lingkungan yang lebih baik, dan nyaman bagi semua pihak. “Smart & Safe Mobility” adalah sebuah sistem transportasi interkoneksi yang dapat memenuhi kebutuhan mobilitas manusia yang semakin kompleks dan semakin menuntut. Kemajuan teknologi otomotif saat ini telah memungkinkan hadirnya solusi cerdas untuk menerapkan efisiensi, mengurangi pemborosan bahan bakar, serta mengurangi emisi gas buang berlebih yang juga memperhitungkan sisi keamanan dan kenyamanan pengendara dan pengguna jalan lainnya.
 

***