KAI Expo 2018 Sebuah Kolaborasi Perusahaan Kereta Api di Indonesia dan ASIA

KAI Expo 2018 Sebuah Kolaborasi Perusahaan Kereta Api di Indonesia dan ASIA

Jakarta, 30 Oktober 2018Di penghujung tahun 2018 ini PT Kereta Api Indonesia (KAI), Persero akan kembali menyelenggarakan pameran industri kereta api bertema Grow Together in Harmony.  Beberapa perusahaan kereta api dan industri pendukungnya baik di Indonesia dan Asia, akan berkontribusi dalam event KAI Expo 2018, di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang, pada tanggal 3 4 November 2018.

Beberapa perusahaan kereta api dan industri perkeretaapian tersebut antara lain PT Kereta Api Indonesia (Persero), PT Industri Kereta Api (INKA), PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), LRT Jabodebek, LRT Sumatera Selatan bersama PT LEN Industri, PT Adhi Karya (Persero), Tbk, East Japan Railway Company Singapore Office dan Nisshin Electric Construction Co., Ltd. Jepang. Acara yang diselenggarakan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero) ini merupakan salah satu forum untuk berbagi informasi mengenai perkeretaapian dari berbagai aspek, antara lain aspek teknis, pemasaran, pelayanan, teknologi, hingga pengembangan perkeretaapian di wilayah Indonesia dan Asia.

Acara yang berlangsung selama dua hari dan terbuka untuk umum ini rencananya akan dibuka dan diresmikan oleh Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Menteri Pariwisata Arief Yahya. Selain menampilkan peserta pameran dari beberapa perusahaan kereta api Asia, KAI Expo 2018 juga menampilkan produk-produk dari mitra, anak perusahaan PT KAI seperti PT Kereta Commuter Indonesia (KCI),  PT KA Pariwisata, PT Railink, KA Bandara, PT Reska Multi Usaha, PT KA Logistik, dan PT KA Property management, serta perusahaan kereta api dan industri pendukungnya seperti PT Industri Kereta Api (INKA), LRT Jabodebek, LRT Sumatera Selatan, Kereta Cepat Indonesia China (KCIC), LEN Industri, Transit Oriented Development (TOD) KAI dengan Perumnas, PT Jasa Raharja, mitra business to business KAI seperti Tiket.com, Blibli.com, Padiciti, Alfamart, Indomaret, Traveloka.

Berbagai kegiatan menarik akan diselenggarakan di acara KAI Expo 2018, talkshow railway oleh Profesor Suhono, Badan Pengelola Transportasi Jakarta (BPTJ), LRT Jabodebek, Direksi Adhi Karya, Direksi INKA, Direksi PT Len Industri, Mr. Takeshi MITSUI, Deputy Director Singapore Office dari East Japan Railway Company dan pada hari kedua Talkshow Traveling by Train dengan menghadirkan beberapa kontributor dari Kementrian Pariwisata, Direktur Utama Ka Pariwisata, dan Travel Blogger.

Acara KAI Expo 2018 juga akan dimeriahkan dengan hadirnya artis-artis nasional seperti JKT48 yang akan performance di hari pertama dan Sheila On 7 yang akan menghibur pengunjung di hari ke-2. Atraksi menarik juga dihadirkan disana seperti lomba mengemas (packing) “Koper dan Travel” untuk tema rekreasi serta “Pack dan Trek” untuk tema petualangan. Lomba yang belum pernah terselenggara sebelumnya ini akan menantang para peserta untuk mengemas pakaian dan perlengkapan travelling lainnya dengan dibatasi waktu. Selain itu, ada pula lomba mewarnai untuk anak-anak, dan live quiz berbasis aplikasi dari Kahoot! untuk seluruh pengunjung dengan hadiah menarik yang disediakan. Beberapa mitra dar hotel-hotel dan destinasi hiburan juga memeriahkan acara ini dengan paket-paket wisata yang menjadi pilihan bagi para pengunjung yang akan melaksanakan perjalanan wisata menggunakan kereta api.

Para pengunjung pameran juga dapat berpartisipasi dengan menjawab pertanyaan kuis dari panitia mengenai seputar acara KAI Expo 2018 melalui media sosial. Dan yang lebih menarik lagi, semua pengunjung bisa membuat foto unik “180 Camera”, yang dapat memotret objek dari berbagai sudut, sehingga menghasilkan efek foto bergerak. Untuk berkontribusi acara ini sangat mudah, para pengunjung hanya menunjukkan aplikasi KAI ACCESS, aplikasi resmi PT Kereta Api Indonesia (Persero) yang sudah ter-instal dan teregistrasi di HP para pengunjung. Hasil foto tersebut kemudian harus diunggah ke media sosial para pengunjung dengan menambahkan tagar tertentu. Pengunjung yang mendapatkan ‘likes’ terbanyak akan menjadi pemenang. Harga tiket masuk yang berlaku senilai 20 ribu rupiah, pengunjung juga akan mendapatkan gratis minuman setelah pembelian tiket masuk. Shuttle bus disediakan di Stasiun Rawa Buntu dan Cisauk secara GRATIS bagi pengunjung yang akan menghadiri acara ini. 

Untuk memberikan apresiasi dan meningkatkan minat masyarakat dalam menggunakan angkutan kereta api, pada acara KAI Expo 2018 juga diadakan program promo KAI Expo. KAI memberikan tiket promo relasi Jakarta-Surabaya tarif regular Rp485.000,- menjadi Rp150.000,- relasi Jakarta-Yogya/Solo yang regular Rp475.000,- menjadi hanya Rp150.000,- relasi Bandung-Surabaya Rp 495.000,- menjadi hanya Rp150.000,-  relasi Bandung-Jakarta regular Rp125.000,- menjadi  hanya Rp75.000,- dan beberapa pilihan perjalanan kereta api relasi menarik lainnya dengan syarat pemesanan tiket dilakukan secara langsung selama penyelenggaraan KAI Expo di ICE - BSD, Tangerang. Calon penumpang dapat memesan tiket promo di 50-an loket yang KAI sediakan dan juga 100-an unit laptop untuk melakukan reservasi tiket promo dengan kuota 239.240 tempat duduk yang disediakan untuk para pengunjung menggunakan jaringan kabel LAN di lokasi. Tiket promo ini berlaku untuk keberangkatan mulai tanggal 5 November 2018 sampai dengan 90 hari ke depan. Perlu diketahui bahwa tarif promo tersebut tidak berlaku parsial, tidak dapat digabung dengan tarif reduksi atau diskon lainnya, tidak diubah jadwal atau dibatalkan, dan juga tidak berlaku untuk tiket keberangkatan pada tanggal 20 Desember 2018 sampai dengan 6 Januari 2019.

KAI Expo 2018 bertujuan untuk menjawab tantangan komunitas perusahaan kereta api di Indonesia dan Asia untuk menciptakan potensi kerjasama yang potensial bagi operator perkeretaapian di Indonesia dan Asia untuk masa depan.

“Selain memperkuat kerjasama bidang perkeretaapian di Indonesia dan Asia, kami berharap melalui KAI Expo ini masyarakat khususnya pelanggan kereta api bisa menikmati penawaran dari kami berupa penjualan tiket dengan promo menarik. Nanti akan ada juga presentasi dan business meeting dari berbagai perusahaan kereta api Indonesia dan Asia, sehingga para pengunjung juga akan mendapatkan pengetahuan mengenai perkeretaapian di Indonesia dan Asia,” kata Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (Persero) Edi Sukmoro.

 

***