IIMS 2015 Menjadi Surga Komunitas Sepeda Motor

IIMS 2015 Menjadi Surga Komunitas Sepeda Motor

IIMS 2015 Menjadi Surga Komunitas Sepeda Motor

Jakarta, 22 Agustus 2015 – Selain mobil yang menjadi menu utama di  Indonesia International Motor Show (IIMS) selama ini, kini IIMS 2015 merambah komunitas sepeda motor. Wajar kalau semua produsen motor tampil di IIMS 2015 JIExpo Kemayoran, 20-30 Agustus 2015. Dari motor harian matik lansiran Yamaha  sampai moge-moge kelas atas macam BMW, Harley Davidson, Ducato sampai Triumph. Motor legendaris asal Inggris, Triumph menghadirkan model terbaru, seperti Rocket III Roadstar dengan mesin berkapasitas  2.294 cc dengan semburan tenaga 146 dk.

Berderet pula para pemain motor alternatif macam Benelli, SOIB, KTM, Husqvarna, dan produk terbaru Italjet, Peugeut Scooter dan Zero Motorcycle  bertenaga listrik lansiran Garansindo. APM multi-brand ini juga mulai merambah segmen sepeda motor kelas menengah dan atas. Khusus di IIMS 2015 Garansindo memainkan program spesial. Menempati lahan khusus di Hall D, Garansindo membangun trek indoor untuk lakukan test ride. Sedangkan untuk tiga tipe motor listrik Zero boleh dites pada jalur test ride di luar ruangan yang memang dibangun khusus untuk uji coba berbagai motor yang dipamerkan di IIMS 2015.

Tiga model motor listrik Zero termasuk produk yang banyak menarik hati para bikers, antara lain karena sangat ramah lingkungan namun bisa mencapai top speed 158 km/jam. Daya tahan baterainya mencapi 8-10 jam dan Garansindo memberi garansi 5 tahun.

Tak puas dengan motor standar pabrikan, para bikermania juga bisa menikmati berbagai sepeda motor custom yang dibangun dan dipamerkan sejumlah modifikator terbaik Indonesia. Dari aliran touring maupun sport, dari yang hanya untuk koleksi sampai item yang dijual.

DP KHUSUS YAMAHA SELAMA IIMS 2015

Menempati lahan terbesar untuk kategori sepeda motor, Yamaha Indonesia hadir di IIMS dengan ikon utama para joki tim Movistar Yamaha di MotoGP, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo, yang tengah bertarung di Kejuaraan Dunia 2015. Namun, yang menarik adalah program spesial yang disediakan Yamaha untuk konsumen. Selama IIMS berlangsung diberlakukan down payment (DP) khusus untuk semua produk. Untuk model New Mio M3 125 CW, jika di luar Kemayoran dikenai DP Rp 2.200.000 maka di IIMS cukup bayar DP Rp 800.000. Ada potongan harga Rp 1,4 juta di awal.

Lalu, semua produk dari matik sampai sport mendapat discount khusus. Dan, pulangnya masih diberi hadiah langsung oleh Yamaha berupa jam tangan elegan Blue Core, paket TV Kabel Indihome dan parsel spesial. So, beli yamaha di IIMS pasti lebih untung.

LIVERY POLISI JERMAN DI BMW

Lain lagi kiat BMW Motorrad Indonesia mempromosikan jejeran motor-motor besarnya. Pabrikan Jerman itu mendisplay BMW F800 GT dengan livery motor patroli polisi Jerman berkelir biru muda dan putih. Hanya saja sticker-nya diganti Police, bukan Polizei seperti aslinya. Banderolnya Rp 603 juta.

“Tergantung pembeli, livery polisinya dibuat seperti apa. Itu sudah masuk dalam paket. Juga ada bonus merchandise senilai Rp 2 juta,” ujar Agus Iman, staf marketing di booth BMW.

KNALPOT MADE IN INDONESIA BERKELAS DUNIA

Tak hanya motor, IIMS 2015 menjadi surganya para biker karena banyak produk pendukung yang tampil. Salah satunya adalah produsen knalpot R9. Benar-benar buatan Indonesia, tapi sudah digunakan oleh dua pembalap tim Gresini Honda di kancah Moto3 2015. Salah satu rider-nya, Enea Bastianini, saat ini berada di 3 Besar klasemen sementara kompetisi Moto3 2015.

Tentu saja yang dijual saat ini adalah produk harian, karena knalpot tim Gresini tersebut dibuat khusus dan prototype.

“Tapi, apa yang mereka sudah hasilkan merupakan refleksi kualitas produk kami. Kebangggaan tersendiri karena produk Indonesia punya prestasi di ajang kejuaraan dunia,” ujar  Asep Susamto, Manajer marketing R9 saat disambangi di stand R3 di Hall C.

Asep menegaskan kehadiran mereka sebenarnya lebih fokus pada aspek promosi, namun antusiasme pengunjung IIMS yang besar akhirnya membuka pula transaksi penjualan. Khususnya untuk knalpot motor harian yang dijual dengan variasi harga Rp 850 ribu sampai Rp 1 juta.

“Khusus di IIMS 2015 ada diskon 15%,” ujar Asep sembari menegaskan R9 menambah power motor secara signifikan namun tingkat suaranya sudah disesuaikan dengan regulasi yang berlaku untuk motor sehari-hari.  

 

Akhir Pekan Pertama IIMS 2015, Gegap Gempita Promosi dan Hiburan

Jakarta, 22 Agustus 2015 – Suasana meriah dan padat pengunjung mewarnai kesemarakan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015 pada Sabtu (22/8). Itu akhir pekan pertama IIMS 2015 setelah dibuka Wapres RI Jusuf Kalla pada 19 Agustus lalu. Suasana sangat berbeda dengan banyaknya pengunjung yang datang bersama keluarga, menjadikan hajatan pameran akbar ini sebagai sarana wisata sembari belanja mobil atau motor idaman.

Selain hiruk pikuk booth masing-masing APM yang bersahut-sahutan mempromosikan produk masing-masing, tak kalah meriah adalah berbagai hiburan yang menyedot perhatian publik sepanjang Sabtu (22/8) dan sebagian besar akan berlanjut pada Minggu (23/8). Ini dia di antaranya:

Thousands Car March

Aura IIMS 2015 sudah menyebar ke seantero Jakarta begitu matahari terbit pada Sabtu (22/8). Dari berbagai penjuru kota Jakarta berdatangan mobil-mobil retro, vintage, dan klasik untuk berkumpul di area Senayan, dan selanjutnya berparade menuju lokasi IIMS di JIExpo Kemayoran  dan memuaskan mata masyarakat di sepanjang rute. Bukan sekadar pamer dan konvoi keliling kota, program Thousands Car March (TCM) juga salah satu aksi sosial yang mengiringi penyelenggaraan IIMS 2015. Bentuknya adalah pengumpulan benih tanaman bakau dari peserta sebagai wujud kepedulian komunitas otomotif terhadap lingkungan. Donasi ini kemudian diserahkan ke pihak Kementerian Lingkungan Hidup sesampainya di JIExpo Kemayoran dan selanjutnya digunakan untuk pengembangan hutan bakau di Kepulauan Seribu.

“Prakarsa ini menarik karena bagaimanapun industry mobil turut andil dalam pencemaran lingkungan. Kali ini beda justru teman-teman dari komunitas mobil klasik mengambil inisiatif aksi terhadap lingkungan. Saya berterima kasih atas aksi ini dalam program Thousands Car March,” komentar Ilyas Asaad, Staff Ahli Kementrian Lingkungan Hidup (KLH) dalam kata sambutannnya sambil berharap agar program seperti ini bisa berlangsung juga di luar Jakarta dan diselenggarakan setiap tahunnya.

Tapi, itu baru langkah pemanasan. Puncak penampilan mobil-mobil klasik di IIMS 2015 akan berlangsung pada 28-30 Agustus mendatang. Dalam sesi tersebut akan keluar mobil-mobil langka katagori collectors item persembahan The 8th Otoblitz Indonesia Classic Car Show (OICCS) 2015. Yang belum puas atau yang belum menyaksikan Thousands Car March, silakan datang dan puaskan hati pada tanggal di atas.

Selfie Dengan Mobil Batman & Knight Rider

Sejak masuk arena pameran, replika mobil Batman 1:1 dan si mobil pintar KITT dalam serial film Knigt Rider langsung jadi primadona pengunjung.  Dua mobil top ini berdampingan dengan pacuan Harry Potter dan Dodge Charger R/T bertenaga 800 HP besutan Vin Diesel dalam film Fast and Furious. Keempatnya menjadi penghuni booth Movie Cars yang menghadirkan mobil-mobil popular eks film-film keluaran Hollywood. Mobil-mobil ini laris menjadi background untuk berfoto-ria, baik selfie maupun foto ramai-ramai.

Di sebelah booth ini terdapat juga zona History Car yang memamerkan  mobil-mobil kepresidean RI tempoe doeloe. Kalau di hari pembukaan hanya ada 3 unit limousine era Soekarno, kini bertambah jadi 4 unit. Dilengkapi pula mobil-mobil formula milik atlet Indonesia macam Ananda Mikola dan Firhan Ali, plus mobil reli Mitsubishi Evo X geberan Subhan Aksa di kancah internasional.

Movie Cars dan History Cars bisa disambangi selama pameran sampai hari penutupan pada 30 Agustus 2015.

Rock Crawling dan Aksi Freestyle

Berada di luar ruangan, para offroader IOF (Indonesia Offroad Federation) sudah mulai beraksi pada Sabtu (22/8) dan berlanjut pada Mingu (23/8). Di sini pengunjung bisa saksikan mobil-mobil ‘pendaki’ yang mengarungi gundukan batu yang disusun sedemikian rupa dengan tingkat kemiringan ekstrem. Ada adrenalin tersendiri menyaksikan atraksi ini karena acap terlihat mobil seperti akan jatuh atau tidak.

Pada trek itu juga Alfredo Gomez melakoni aksi perdananya di atas motor Husqvarna. Atlet Juara Dunia endure top Eropa itu melakukan pendakian sembari memperlihatkan skill-nya melakukan wheelee alias angkat roda depan dengan ketegakan hampir 90 derajat.

Aksi rock crawling IOF maupun sepak terjang Gomez masih bisa disaksikan pada Minggu (23/8). Setelah itu, khusus Rock Crawling IOF akan kembali menyapa pengunjung pada 28 dan 29 Agutus.

Di lokasi outdoor lainnya, jajaran kendaaraan tempur militer semakin ramai dikunjungi peserta. Wanita, pria maupun anak-anak. Military Zone ini salah satu wilayah favorit untuk membuat foto-foto pribadi yang pastinya langka.

Di sebelahnya lagi, ada aksi Asean Stunt Day yang hadirkan para rider negara-negara Asean. Hajatan ini berakhir pada sabtu (22/8), namun terdapat aksi pengganti yang tak kalah heboh pada sejak Sabtu (22/8) dan berakhir Minggu (23/8) berupa aksi-aksi freestyle yang disajikan Jack Field asal Australia dan sejumlah freestyler kenamaan Indonesia.

Masih dari dunia motorsport, minggu (23/8) kompetisi Supermoto akan mengaspal dan memperebutkan posisi terdepan. Deruman dan decitan sepeda motor trail berbalut ban aspal tersebut tentunya akan memacu adrenalin penonton dan memancing decak kagum sehingga sangat sayang untuk dilewatkan. Meski adanya di lokasi outdoor, pengunjung tak perlu khawatir kepanasan karena tersedia tribun khusus penonton.

***