Pameran furnitur dan kerajinan terbesar di Indonesia dan kawasan regional, Indonesia International Furniture Expo (IFEX) siap untuk kembali dilaksanakan pada tanggal 11 – 14 Maret 2021 mendatang, bertempat di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran. Gelaran pameran IFEX yang semula dilaksanakan pada bulan Maret 2020 lalu ditunda pelaksanaannya dikarenakan pandemi global Covid-19.

Jakarta, 27 Juli 2020Pameran furnitur dan kerajinan terbesar di Indonesia dan kawasan regional, Indonesia International Furniture Expo (IFEX) siap untuk kembali dilaksanakan pada tanggal 11 – 14 Maret 2021 mendatang, bertempat di Jakarta International Expo (JIExpo) Kemayoran. Gelaran pameran IFEX yang semula dilaksanakan pada bulan Maret 2020 lalu ditunda pelaksanaannya dikarenakan pandemi global Covid-19.

 

Penyelenggaran IFEX di tahun depan diharapkan dapat membangkitkan semangat dan optimisme para pemain industri furnitur dan kerajinan Indonesia pasca pandemi ini. Selama ini IFEX telah berhasil membuka jalan bagi pertumbuhan industri furnitur nasional. Hadirnya ribuan buyers dan pengunjung dari dalam dan luar negeri memberikan kesempatan emas bagi para pemain industri furnitur nasional untuk menunjukkan produk terbaik mereka. Sebagai catatan, pada tahun lalu gelaran IFEX 2019 berhasil menarik sekitar 12 ribu pengunjung dan meraih transaksi on-the-spot sekitar US$370 juta. Persiapan waktu hingga 2021 dapat dimanfaatkan oleh para pengrajin untuk mempersiapkan produk terbaik dan terbaru mereka untuk nanti dapat dipamerkan pada tren furnitur 2021. Mengingat IFEX juga dikenal sebagai pameran yang menampilkan produk-produk yang inovatif, kreatif, dan memiliki nilai tinggi sehingga IFEX 2021 tentunya akan menampilkan produk-produk yang beragam dan berkualitas.

 

Meskipun IFEX 2020 ditunda penyelenggaraannya, namun pameran IFEX 2020 tetap “hadir” secara daring melalui product showcase di situs IFEX. Dyandra Promosindo dan Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) berusaha melakukan inovasi di bidang pameran melalui penyelenggaraan pameran IFEX 2020 secara digital. Product showcase menampilkan ratusan produk terbaik dari para peserta yang selama ini mendukung pameran IFEX. Di laman tersebut, buyers bisa memilih referensi produk dan kategori yang diinginkan sesuai dengan kebutuhan mereka dan tersedia pilihan bagi buyers untuk melakukan kontak langsung dengan exhibitor melalui platform email yang terdaftar. Dengan cara ini para buyers dan exhibitors tetap bisa saling berinteraksi melalui laman resmi IFEX 2020 di www.ifexindonesia.com.

 

“Tidak diselenggarakannya IFEX pada tahun ini tentunya membuat rindu para pemain industri, bahkan juga buyers internasional yang masih menunjukkan minatnya terhadap produk dari Indonesia. Untuk itu kami mencoba membuat terobosan dengan adanya product showcase untuk mengobati kerinduan itu. Adanya product showcase ini dapat menjembatani para buyers internasional dengan pelaku industri dalam negeri untuk melakukan transaksi bisnis tanpa tatap muka langsung. Kami harapkan buyers internasional tetap meramaikan product showcase IFEX 2020 ini,” jelas Soenoto, Ketua Umum HIMKI.

 

Selain untuk menjembatani antara buyers dan pelaku industri, product showcase juga dimaksudkan untuk mendorong pertumbuhan ekspor furnitur Indonesia. Industri furnitur masih menjadi salah satu andalan dalam mendukung perekonomian nasional. Industri furnitur nasional diperkirakan masih akan bertumbuh mengingat Indonesia memiliki berbagai keunggulan misalnya dalam hal ketersediaan bahan baku dan sumber daya manusia. Potensi lahan hutan di Indonesia saat ini mencapai sekitar 120 juta hektar, dimana 12 juta diantaranya merupakan hutan produksi. Indonesia juga dikenal sebagai negara penghasil rotan terbesar di dunia dengan 312 jenis rotan yang bisa dimanfaatkan oleh industri. Untuk itu, IFEX diharapkan dapat membuka jalan untuk mendorong pertumbuhan ekspor dan mendukung ekonomi nasional.

 

Hadirkan CREATE by IFEX untuk Pasar Lokal Tahun Ini

Selain menyasar pasar internasional, pertumbuhan industri furnitur dan kerajinan nasional harus pula didukung oleh daya serap yang baik di kalangan lokal. Pasar lokal diprediksi masih menunjukkan minat yang cukup tinggi dan diperkirakan akan tumbuh pada tahun ini. Apalagi pada momen karantina mandiri atau work from home membuat membuat banyak orang untuk menata ulang furnitur dalam rumah mereka dengan membutuhkan furnitur-furnitur baru yang lebih unik dan elegan. Melihat peluang ini, IFEX akan menghadirkan CREATE by IFEX yang menampilkan ragam produk furnitur dan kerajinan dalam negeri untuk pasar lokal pada tanggal 2 – 4 Oktober 2020 di JIExpo Kemayoran.

 

Edisi pertama CREATE by IFEX akan menghadirkan furnitur, kerajinan, art, dan desain yang terinspirasi oleh keindahan sejati sumber daya alam Indonesia. CREATE by IFEX akan menampilkan kesederhanaan dalam kualitas yang elegan melalui modernitas. Sejumlah acara telah disiapkan baik untuk exhibitors maupun pengunjung, seperti Top Spender bagi pengunjung dan The Highest Transaction bagi peserta pameran (exhibitors). CREATE by IFEX juga mendapat dukungan dari pemerintah yaitu Kementerian Perindustrian dan Kementerian Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah dengan berpartisipasi sebagai peserta pameran.

 

“Pameran ini merupakan bentuk kontribusi kami dalam meningkatkan pertumbuhan pasar furnitur dan kerajinan lokal. Ini merupakan momentum untuk saling mengasah kreativitas dan membangun sinergi untuk bersama-sama mendorong dan memajukan industri furnitur nasional, dimulai dari pasar domestik,” ujar Hendra Noor Saleh, Presiden Direktur Dyandra Promosindo.

 

CREATE by IFEX merupakan bagian dari Dyandra New Adventure (DNA) yang merupakan gebrakan terbaru dari Dyandra Promosindo dalam menyelenggarakan pameran dari beberapa industri yang berbeda sekaligus. Selain CREATE by IFEX, DNA juga akan menghadirkan IIMS Motobike, Property Weekend Fiesta, Blck Mrkt Week, dan Infinite: Live.