Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) dan Dyandra Promosindo selaku penyelenggara Indonesia International Furniture Expo (IFEX) mengumumkan bahwa penyelenggaraan Indonesia International Furniture Expo (IFEX) 2021, yang akan dilaksanakan pada bulan Maret 2021 ini, kembali ditunda berdasarkan pertimbangan kondisi pandemi Covid-19 yang masih melanda dunia saat ini.

Jakarta, 2 Februari 2021 – Himpunan Industri Mebel dan Kerajinan Indonesia (HIMKI) dan Dyandra Promosindo selaku penyelenggara Indonesia International Furniture Expo (IFEX) mengumumkan bahwa penyelenggaraan Indonesia International Furniture Expo (IFEX) 2021, yang akan dilaksanakan pada bulan Maret 2021 ini, kembali ditunda berdasarkan pertimbangan kondisi pandemi Covid-19 yang masih melanda dunia saat ini.


“Dengan mempertimbangkan kondisi dan situasi saat ini, maka penyelenggaraan IFEX kembali ditunda. Kami memprioritaskan kesehatan dan keselamatan dari para pengunjung, peserta, dan panitia serta juga mematuhi aturan dari pemerintah untuk tidak membuat kerumunan. Situasi saat ini masih tidak ideal namun kami optimis bahwa industri ini masih tumbuh dan bisa bangkit kembali” ujar Abdul Sobur, Presidium HIMKI.


Meskipun pameran IFEX 2021 secara offline kembali ditunda namun IFEX tetap hadir secara online dengan menghadirkan program-program virtual untuk para buyers yang tertarik terhadap produk-produk furnitur Indonesia. Program-program tersebut antara lain adalah IFEX Show Preview, IFEX Virtual Expo, dan IFEX Virtual Showroom.


IFEX Show Preview adalah sebuah platform untuk mempermudah buyers mencari furnitur dan kerajinan dari para peserta IFEX. Di platform ini ditampilkan foto-foto produk furnitur dan kerajinan yang tersedia. Para buyers juga dapat langsung menghubungi peserta IFEX melalui platform ini. Program ini dilaksanakan dari tanggal 1 – 28 Februari 2021.


Sedangkan IFEX Virtual Expo merupakan virtual exhibition atau pameran virtual yang berbasis 3D dengan menampilkan virtual booth serta virtual showroom dan produk dari peserta-peserta IFEX. Di virtual exhibition ini juga memfasilitasi interaksi antara buyers dan exhibitors melalui platform website IFEX dimana dapat terjadi komunikasi melalui email exhibitors, sehingga mereka bisa berkomunikasi secara langsung layaknya di pameran offline. Program ini akan dilaksanakan pada tanggal 11 – 14 Maret 2021.


Terakhir adalah IFEX Virtual Showroom yang menggunakan kamera 360 derajat untuk menunjukkan showroom dari para exhibitors secara riil. Buyers dan exhibitors juga dapat berinteraksi selama 24/7 yang difasilitasi di platform ini. Program ini akan berjalan selama bulan April – September 2021. Semua program virtual IFEX dapat diakses di situs IFEX www.ifexindonesia.com.


“Meskipun pameran IFEX 2021 secara offline kembali ditunda, kami hadirkan rangkaian program virtual untuk para buyers agar tetap terhubung dengan para peserta IFEX dan tetap dapat menjalankan transaksi agar ekonomi industri dapat tetap tumbuh. Untuk itu kami mengharapkan dukungan dari para stakeholder untuk membantu pelaksanaan IFEX secara virtual dan tetap optimis akan pertumbuhan industri furnitur,” ucap Hendra Noor Saleh, Presiden Direktur Dyandra Promosindo.