Perayaan otomotif terbesar di Indonesia, Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, memasuki hari ke-9 dengan rangkaian acara yang semakin menggelegar. Pada hari ini, Jumat, 23 Februari 2024,

Jakarta, 23 Februari 2024 – Perayaan otomotif terbesar di Indonesia, Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024, memasuki hari ke-9 dengan rangkaian acara yang semakin menggelegar. Pada hari ini, Jumat, 23 Februari 2024, pengunjung IIMS akan diajak untuk mendalami dunia kostumisasi kendaraan bermotor melalui talkshow eksklusif yang digelar di Indoor Stage Motor Sport Zone, Hall C1. Kementerian Perhubungan juga turut ambil bagian dengan menyampaikan gagasan serta dukungannya terhadap industri otomotif, menegaskan komitmen dalam mendukung perkembangan kostumisasi kendaraan di Indonesia. 

“Hari ke-9 IIMS 2024 menjadi momen istimewa dengan banyaknya konsep edukasi melalui talkshow yang sangat sayang untuk dilewatkan. Dalam rangka merayakan kesuksesan pameran otomotif terbesar ini, kami hadirkan berbagai talkshow informatif yang menarik untuk meningkatkan pemahaman tentang dunia otomotif. Jadikan pengalaman berkendara Anda lebih bermakna dengan mengeksplorasi beragam topik menarik di setiap sesi talkshow yang kami sajikan." tutur Daswar Marpaung, Presiden Direktur Dyandra Promosindo. 

Talkshow yang akan menjadi highlight di Motor Sport Zone IIMS 2024 mengangkat tema "UU Kustomisasi Kendaraan Bermotor (PM 45 Tahun 2023)," merupakan inisiatif dari Ikatan Motor Indonesia (IMI). Peraturan ini, yang menjadi yang pertama di Indonesia dalam bidang modifikasi kendaraan bermotor, menciptakan wadah untuk membahas kreativitas dalam modifikasi kendaraan sekaligus memastikan kesesuaian dengan regulasi yang berlaku. Menghadirkan sosok inspiratif memberikan beberapa untaian penting yang perlu disimak. 

Rifat Sungkar, Wakil Ketua Umum IMI Bidang Mobility, menyampaikan, "Aturan ini berangkat dari kebutuhan akan pembetulan mobil modifikasi secara legal di Indonesia, serta upaya pelestarian mobil klasik. Builder Indonesia dengan kreativitasnya berusaha memelihara sejarah mobil di Indonesia, dan Peraturan Menteri (PM) Perhubungan No. 45 Tahun 2023 ini menjadi solusi untuk itu. Diharapkan, aturan ini dapat menjadikan Indonesia sebagai negara produsen, bukan hanya konsumen." 

Yusuf Nugroho, Kasubdit Tipe Kendaraan Bermotor Direktorat Sarana Transportasi Jalan, menyambung, "Banyak produk Indonesia yang laris di luar negeri namun di dalam negeri dianggap ilegal. Dengan aturan ini, pemerintah memberikan solusi terbaik untuk polemik

tersebut. Indonesia dapat menjadi produsen yang diakui secara global." Sebagai moderator, Diggy Rachim dari Komisi Modifikasi IMI memastikan diskusi berjalan lancar. 

Ir. Danto Restyawan, Direktur Sarana Transportasi Jalan Kementerian Perhubungan RI, mengajak semua pihak untuk saling mendukung di bidang kustomisasi. "Mari kita bersama-sama saling menyemangati, terutama di bidang kustomisasi ini, agar aturan ini dapat segera diterbitkan dan memberikan dampak positif bagi industri otomotif Indonesia." Talkshow ini menjadi forum penting untuk memperjelas regulasi dan mendorong perkembangan positif dalam dunia kustomisasi kendaraan bermotor di Indonesia. 

Diggy Rachim, Komisi Modifikasi Ikatan Motor Indonesia, menambahkan, "Komunitas otomotif memiliki peran yang sangat penting dalam menyumbangkan inovasi dan kreativitas bagi perkembangan industri. Melalui talkshow ini, kami ingin menjembatani dialog antara pihak modifikasi dan regulasi guna menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pengembangan kostumisasi kendaraan." 

Sementara di lokasi yang sama, di Indoor Stage Motor Sport Zone, Hall C1 juga menjadi saksi dari talkshow inspiratif dengan kehadiran dua sosok unggulan dalam dunia otomotif Tanah Air, Alinka Hardianti (Queen of Slalom Indonesia) dan Alvito Hardianto (Pembalap, Drifter, dan Peslalom). Dalam talkshow yang dikemas dengan santai namun informatif, Alinka dan Alvito akan membagikan pengalaman unik mereka, membuka pintu wawasan bagi para pengunjung IIMS 2024. Mereka akan membahas segala hal, mulai dari teknik balap hingga seni modifikasi, dan berbagi kiat-kiat untuk para penggemar otomotif yang ingin mengeksplorasi dunia ini lebih dalam. Kehadiran Alinka dan Alvito di talkshow ini diharapkan dapat membuka mata dan memberikan perspektif baru tentang bagaimana otomotif dapat menjadi lebih dari sekadar kendaraan, melainkan juga sebuah gaya hidup yang penuh dengan inovasi dan ekspresi diri. 

Alinka Hardianti, yang juga dikenal sebagai "Queen of Speed" dengan lebih dari 200 trofi prestisius, menyampaikan, "Sejak kecil, aku sudah terjun di dunia balap dari nol. Mulai dari memasang stiker di mobil, menjadi bagian dari tim dokumentasi, hingga akhirnya memulai karier sebagai pembalap. Ini adalah perjalanan luar biasa yang penuh gairah." 

Alvito Hardianto, pembalap, drifter, dan juara umum ETCC, menyatakan, "Tahun ini, saya ingin fokus di dunia drifting. Sebagai kakak beradik dari keluarga pembalap, kami terus berusaha memberikan yang terbaik di dunia otomotif, dan harapannya, kami dapat menginspirasi generasi berikutnya."

Keduanya merupakan anak dari Didi Hardianto, sosok terkenal dalam dunia otomotif Indonesia,